Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SURGAKU

Oleh: Gemintang Halimatussa'diah




Surgaku…

Ketika melihatmu berdiri
di hadapanku
dengan senyuman
seelok bulan sabit yang memesona,

aku seolah tersihir
untuk melukis sebuah tempat
 tanpa kesedihan,
 tanpa perpisahan,
tanpa rasa sakit,
dan tanpa rasa kehilangan
 Layaknya..surga,
seperti sebuah...utopia

 Sepertinya mustahil memang
menghadirkan tempat seperti itu
di alam nyata

Namun, bersamamu
bukankah terasa seperti surga?


Surgaku. Dia adalah lelaki bernamaLukman Hakim yang tak lain adalah suamiku. Meski aku bernama Nurjannah yang berarti ‘cahaya surga’, bagiku justru suamiku itulah sang cahaya surga dalam kehidupanku. Sejak ia hadir, hidupku terasa lebih bercahaya..indah..dan bahagia.

Namun, cahaya surgaku itu, kini terasa sirna. Hidupku pun terasa tanpa gairah, bahkan diliputi kesedihan yang seolah tanpa akhir.

Malam itu, suamiku kembali melakukan aktivitasnya berdagang bakso di tempat resepsi pernikahan tetangga. Di daerah kami di Kampung Bulak Sawangan, memang sudah  menjadi tradisi jika ada orang yang mengadakan pesta pernikahan, tak hanya dihadiri oleh tamu undangan, tetapi juga para pedagang yang menjajakkan dagangannya di sekitar rumah pengantin untuk mengais rezeki, tak terkecuali suamiku.

Besok paginya, tidak seperti biasanya, ia belum juga bangun untuk melaksanakan salat Subuh. Aku pun mencoba untuk membangunkannya. Namun, sayang, ia tak pernah bangun lagi dari tidurnya. Awalnya  aku tak percaya dengan apa yang terjadi, karena ia tampak sehat-sehat saja ketika berangkat dari rumah. 
Banyak yang mengira-ngira ia meninggal karena penyakit angin duduk atau serangan jantung. Hmm..entahlah..yang pasti kini 
mau tak mau, aku harus mengikhlaskan kepergiannya…Surgaku itu..meski harus dengan deraian air mata. Bukan  hanya air mataku, tetapi juga air mata keempat anak kami. Meski  si kecil Salman yang baru berusia tiga tahun sebenarnya belum sepenuhnya mengerti tentang kepergian ayahnya yang begitu tiba-tiba itu. Salman, ia malah asyik bermain, ketika ayahnya terbujur kaku di teras depan rumah kami.


Tiap kali Salman bertanya tentang ke mana ayahnya pergi, aku hanya bisa mengatakan bahwa ayah kini ada di surga..di tempat terindah dan ternyaman. Awalnya, ia akan menangis meminta ayahnya kembali. Tapi lama kelamaan, ia akan berhenti menangis dengan sendirinya karena kelelahan, lalu melupakan bahwa ayahnya sesungguhnya telah tiada.

Salmanku, titipan terakhir surgaku, kuharap kelak ia akan mengerti dan tetap menyayangi sosok ayahnya yang pekerja keras itu, yang memberikan cahaya surga dalam kehidupan kami, meski hanya dalam waktu sesingkat ini.

Surgaku…mengapa kau pergi begitu cepat? Tak tahukah kau betapa kami sangat membutuhkan cahayamu? Sangat mencintai dan mengharapkan kesejukanmu?

Surgaku..tunggu aku..di sana. Semoga tak lama lagi aku akan menyusulmu.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer