Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sedih Tak Bertepi dan Rindu Tak Berujung


Sedih dan rindu adalah rasa yang terdapat dalam diri setiap manusia. Hal tersebut wajar dirasakan oleh setiap insan. Namun, wajarkah apabila hal tersebut berlarut-larut atau berlebihan terasa dalam hati? Tentunya hal itu akan terasa amat melelahkan. Kesedihan dan kerinduan bisa jadi terasa amat menyiksa dan seolah tanpa ujung.
           
Sedih, dalam kamus besar bahasa Indonesia, diartikan sebagai ‘sedan; susah hati, merasa sangat pilu dalam hati, menimbulkan rasa susah, pilu, dan sebagainya.’ Tak jarang, manusia merasakan hal ini apabila ia kehilangan, disakiti, dikhianati, dan lain-lain. Perasaan ini juga  dapt muncul begitu saja apabila manusia diperlakukan dengan kasar, keras, dihina, dicaci, disakiti, dan lain-lain. Rasa sedih bisa juga muncul karena telah mengecewakan orang lain, atau karena telah melakukan hal yang membuat kekecewaan terhadap diri sendiri.
Rasa sedih seyogyanya tak selalu mengenai hal tersebut, tidak juga selalu bernilai negatif. Namun, adakah sedih yang bernilai positif? Seperti apakah seharusnya kita bersedih?
            Sedih tak bertepi selayaknya dirasakan manusia, selalu dan selalu, apabila ia mengingat dosa dan kesalahan yang telah dilakukan selama ini. Sedih, apabila merasa telah melakukan kesalahan dan melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt, sedih karena telah melakukan hal yang hina, sedih karena telah bergelimang dalam dosa dan maksiat.  Tangisan kesedihan atas rasa sesal dan merasa bersalah ini, justru amat dianjurkan karena hal itu berarti kita masih diberikan kepekaan rasa dan ketajaman emosi untuk berintrospeksi diri atas apa yang kita lakukan di dunia ini. Mengenai hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda, Dari Anas ra. Ia berkata:
Rasulullah SAW pernah berkhutbah, dan aku belum pernah mendengarnya. Beliau bersabda: “Andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan pasti akan banyak menangis.” Anas berkata: Mendengar yang demikian para sahabat Rasulullah SAW menutupi muka mereka sambil menangis terisak-isak.(H.R. Bukhari dan Muslim)
            Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah sebenarnya telah mengingatkan kepada kita untuk lebih banyak menangis. Menangis yang dimaksud adalah menangis karena memahami kelemahan diri kita dan mengenai keberadaan diri kita di dunia.
            Sedangkan rindu, dalam kamus besar bahasa Indonesia didefinisikan sebagai ‘Sangat ingin, berharap besar akan, kepada; merasa ingin sekali bertemu, hendak pulang ke kampung halaman, dan sebagainya.’
            Rasa ingin, berharap terhadap sesuatu seringkali kita rasakan terhadap hasrat-hasrat duniawi, seperti rindu pada pasangan hidup, harta, tahta, dan ambisi-ambisi lainnya. Seperti halnya kesedihan, rindu pun adalah suatu rasa yang amat wajar dimiliki manusia. Namun, rasa rindu bisa pula terasa amat menyiksa apabila hal yang dirindukan tak bisa jua ditemui atau dimiliki.
            Rindu yang menggebu, jangan sampai melenakan kita terhadap rindu pada hal-hal ukhrawi. Rindu yang tak berujung selayaknya kita rasakan terhadap perjumpaan dengan Allah dan Rasul-Nya. Rindu merasakan kebahagiaan berkumpul dengan orang-orang soleh, rindu akan kekhusyuan salat, dan rindu pada kenikmatan melantunkan ayat-ayat cinta-Nya. Rindu yang tak berujung pada hal-hal lain yang dapat mendekatkan diri kita kepada Sang Mahakasih.
           
            Hatiku merayu rindu, kasihku pada-MU syahdu
            Munajat hamba pada-MU
            Memohon kasih sayang-MU
            (Raihan)

            Rindu, betapa aku merindukan rasa rindu, rindu pada hal-hal yang mendekatkanku pada-Nya. Rindu akan kesedihan apabila melakukan dosa dan larangan-Nya. Rindu pada munajat pada-Nya. Rindu akan kenikmatan melakukan ibadah hanya untuk-Nya. Rindu akan keindahan merasakan kekhusyuan dalam ibadah. Rindu akan harap dan pinta yang tiada henti atas keridhoan-Nya. Rindu akan rasa ikhlas, syukur, dan bahagia bersama-Nya.
Rindu, akankah kumemiliki rindu semacam itu…? Semoga!

Wallahu a’lam bishawab 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer