Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masalah? Ya Gak Masalah!

Oleh: Gemintang Halimatussa'diah


Masalah adalah sesuatu yang tak dapat dihindari selama napas masih berhembus. Ia muncul dikarenakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, antara rencana dengan perwujudannya. Memang, tidak semua rencana kita dapat terlaksana sesuai keinginan. Kita harus menyadari bahwa ada Yang Maha Membuat Rencana, dan yang pastinya, rencana-Nya itulah yang akan terjadi. Kita sebagai hamba-Nya yang taat harus ikhlas menerima apa pun rencana-Nya itu.

Nah, di sini saya akan menyampaikan beberapa tips mengatasi atau memecahkan masalah yang dipaparkan oleh K.H. Abdullah Gymnastiar dalam bukunya yang berjudul Aku Bisa!, sebagai berikut:

1)      Siap
Kita harus menyadari bahwa kita iní adalah seorang hamba. Segala yang terjadi dalam hidup kita pun sudah ada yang merencanakan dan mengatur. Jadi, kita harus sudah siap dengan segala rencana dan kehendak-Nya.

2)      Ridha
Sikap ridha dalam menghadapi masalah Sangat diperlukan. Jika kita tidak ridha terhadap kehendak-Nya, hal tersebut hanya akan semakin membuat kita merasa tersiksa. Untuk itu, berpasrah diri dengan senantiasa berharap kepada-Nya, merupakan hal yang penting kita lakukan agar perasaan kita pun menjadi lebih tenang.

3)      Jangan mempersulit diri
Dalam menghadapi masalah, janganlah senantiasa kita membuat repot diri dengan penilaian “BERSALAH” pada diri sendiri. Saya jadi teringat sebuah film Cina yang pernah saya tonton. Dalam film tersebut, sang tokoh apabila mendapat masalah akan berkata “Hidup ini indah, hidup ini indah, hidup ini indah!” sambil menghirup napas dalam-dalam. Mungkin hal tersebut bisa juga kita praktikkan ketika terkena masalah.

4)      Evaluasi diri
Melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan hádala sebuah fitrah. Akan tetapi, jangan sampai kesalahan yang sama terulang kembali. Untuk itu, introspeksi atau evaluasi diri terhadap penyebab kesalahan/kegagalan itu akan sangat penting untuk menngantisipasi gerak langkah kita agar terhindar dari kesalahan yang sama.

5)      Yakin pada pertolongan Allah
Allah tidak pernah tidur. IA senantiasa menyaksikan segala hal yang kita alami. Untuk itu, yakinlah bahwa IA pun akan selalu bersama kita dalam segala kesulitan. Yakinlah bahwa IA Maha Pengasih dan Penyayang yang akan selalu ada di saat yang lain pergi menjauh. Dia akan selalu ada dan “pasti” akan menolong kita.
Semoga di masa yang akan datang kita akan lebih mampu memecahkan segala masalah yang kita hadapi. Aamiin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer