Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Paradoks: Sepi di Tengah Keramaian

Oleh: Gemintang Halimatussa'diah

Merasa kesepian jika kita sedang sendirian itu merupakan hal yang wajar. Namun, bagaimana jika kita merasa kesepian di tengah keramaian? Hal ini akan terasa seperti sebuah paradoks.


Sepi..dapat membuat orang merasa sedih karenanya. Namun bisa juga membuat orang lain dapat melakukan apa pun sekehendak hatinya karena merasa tak ada yang mengawasinya.
Sepi..selain dapat membuat sedih, dapat juga membuat orang lebih tenang dan merasa nyaman apabila ia memang sedang ingin sendirian, atau sedang mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Sepi..terkadang juga dapat menjadikan seseorang merasa bosan, lelah,  bahkan menderita. Terlebih lagi jika kesepian itu sudah terasa demikian memuncak, tanpa ada seorang pun yang dapat diajak berbagi beban.

Lantas, seperti apakah seharusnya kita menyikapi kesepian? Sebenarnya, kita dapat memanfaatkan kesepian dengan melakukan hal-hal yang produktif. Misalnya, menulis, beribadah, membaca, mengkaji bacaan, atau bisa juga membuat benda-benda yang dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

Jika sedang sepi, kita juga bisa menikmati keadaan tersebut untuk membuat kita rileks menjadi diri sendiri.

Bagaimana dengan kesepian di tengah keramaian? Ya, rasa sepi itu sebenarnya ada di dalam hati. Jadi, cobalah untuk keluar dari cengkraman perasaan sepi yang mengkungung diri kita, dan berbaurlah dengan keramaian. Bagilah beban, atau raihlah kebahagiaan dari keramaian yang terpancar. Berdamailah dengan keadaan sekitar, dan atasilah rasa kesepian itu. Paradoks pun akan berubah menjadi paralelisme.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

sekedar mampir mengatakan...

kalau ramai tapi dalam suatu sepi itu gimana ya...?

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

Ya..gini mungkin ya..
D kamar sendirian..trus ngomong sendiri..ketawa2 sendiri..gitu kali ya? Hi2..

Ramai saat dalam keadaan sepi, sekali lagi..itu adanya d dalamhati..heu2 :)

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer