Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TIPS MEMBUAT TULISAN YANG ENAK DIBACA


Ketika menulis artikel, kita pasti berharap tulisan tersebut dapat dinikmati oleh orang lain. Oleh karena itu, kita harus membuat tulisan yang enak dibaca. Tulisan yang panjang dan bertele-tele akan membuat orang enggan membaca. Berikut ini beberapa tips agar tulisan kita enak dibaca:


1. Kalimat pendek. Usahakan untuk membuat kalimat yang tidak terlalu panjang. Satu subjek, 1 predikat dan satu objek. Terutama jika kita ingin menulis artikel opini untuk di kirim ke media masa. Minimalkan penggunaan kalimat majemuk. Penggunaan kalimat majemuk yang terlalu banyak akan membuat orang malas membaca. Jika kalimat terlalu panjang, sebaiknya dipotong. Jadikan kalimat baru.
2. Gunakan bahasa yang populer. Bahasa yang popular adalah bahasa yang sudah umum dipakai dimasyarakat. Penggunaan bahasa yang populer akan membuat tulisan kita enak dan mudah dibaca.

3. Perbanyak kalimat aktif. Kalimat aktif akan membuat tulisan kita terkesan hidup, dan akrab dengan pembaca. Sebaliknya, kalimat pasif akan membuat tulisan kita terkesan kaku dan kurang komunikatif.

4. Paragraf pendek. Paragraf pendek akan mempermudah pembaca dalam memahami topik bahasan. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat orang bosan. Karena terlalu banyak fokus pembahasan dalam satu paragraf.

5. Fokus pada topik. Pembahasan yang fokus dan terarah akan membuat pembaca mudah memahami maksud yang kita sampaikan. Jangan menyisipkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan topik bahasan. Karena akan membuat pembahasan kita terkesan ngelantur.

6. Minimalkan penggunaan bahasa ilmiah. Penggunaan bahasa ilmiah yang terlalu banyak, akan membuat pembaca kesulitan memahami tulisan kita. Gunakan bahasa ilmiah seperlunya saja.

7. Tanda baca yang benar. Gunakan tanda baca yang benar. Tanda baca yang tidak tepat dapat merubah makna. Selain itu juga akan membuat pembaca tidak nyaman. Tulisan bagus, tapi tanda bacanya acak-acakan akan menurunkan kualitas tulisan.


Itulah beberapa tips membuat tulisan yang enak dibaca. Periksalah tulisan Anda. Apakah sesuai sudah enak dibaca atau belum. Jika belum, tak ada salahnya Anda mempraktekkan tips diatas. Selamat menulis!



Sumber: http://www.sugengprabowo.com/tips-membuat-tulisan-yang-enak-dibaca

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer