Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RESENSI BUKU


Judul Buku       : Sirah Nabawiyah
Penulis             : Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfury
Penerbit           : Pustaka Al Kautsar
Tahun terbit     : 2011 (Cetakan keempat)
Tebal               : 583 halaman


 Tak kenal maka tak sayang. Ya saya rasa pepatah yang sudah sangat umum ini memang benar adanya. Untuk bisa menyayangi seseorang, kita haruslah mengenal terlebih dulu orang tersebut. Begitu juga dengan sosok teladan kita Rasulullah Sholallahu ‘Alayhi Wassalam. Bagaimana kita bisa mencintai dan mengamalkan sunahnya apabila kita tidak mengenal beliau dengan baik?

Buku “Sirah Nabawiyah” ini dapat menuntun kita untuk dapat lebih mengenal sosok Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassalam mulai dari silsilah, kelahiran, awal kenabian, awal dakwah, berbagai perang yang dipimpinnya, serta akhir riwayat hidup Beliau. Yang pasti, melalui buku ini kita akan mengetahui keseharian Rasulullah baik sebagai pribadi maupun sebagai pemimpin umat. 

Dalam buku ini kita akan mendapati sosok Rasulullah sebagai manusia biasa, yaitu sebagai seorang keponakan, anak, suami, dan orang tua. Salah satu hal menarik yang diceritakan dalam buku ini adalah kisah Rasulullah saat mengalami awal-awal kenabian dan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Banyak yang tidak percaya terhadap Beliau, bahkan kaum Quraisy tak henti-hentinya melakukan berbagai cara untuk membunuh beliau. 

Saat itu, Abu Tholib paman Rasulullah sangat gigih dalam membela Beliau. Beliau juga sempat mengalami masa-masa sedih yang disebut sebagai tahun kesedihan, ketika hampir secara bersamaan orang yang Beliau sayangi yaitu, Khodijah sang istri, paman beliau Abu Tholib, meninggal dunia. Terlebih lagi, sejak meninggalnya Abu Tholib, kaum Quraisy semakin gencar memburu Rasulullah untuk dibunuh, hingga akhirnya Rasul memutuskan untuk hijrah. 

Usai melewati masa-masa perang dan kenabian, diceritakan pula akhir dari kehidupan Rasulullah yang amat mengharukan. Seperti yang mungkin pernah kita dengar sebelumnya, bahwa pada hari-hari terakhir dalam kehidupannya, Rasulullah memilih untuk tinggal di rumah Aisyah. Fathimah adalah putri beliau yang paling merasa sedih mengetahui bahwa beliau akan segera wafat. Namun, setelah Rasulullah membisikkan bahwa Fathimah jugalah orang pertama yang akan menyusulnya, wajahnya langsung kembali terlihat memancarkan rona bahagia.

Terdapat banyak buku Sirah Nabawiyah yang ditulis oleh penulis-penulis lain, namun yang membedakan buku Mubarakfurry ini, adalah kisah yang diceritakan terasa memiliki alur yang lengkap dan menarik untuk dibaca. Hal tersebut akan membuat kita merasa seolah sedang membaca sebuah novel sejarah. 

Banyak sekali manfaat dan hikmah yang dapat kita peroleh dari buku yang amat penting dan wajib dibaca ini. Selain kita dapat lebih mengenal sosok teladan kita Rasulullah Sholallahu ‘Alayhi Wassalam, kita juga akan mendapatkan motivasi besar untuk dapat meneladani dan mengamalkan sunah Beliau. Sosok Beliau yang lengkap sebagai ayah, suami, pemimpin, dan pengusaha, akan membuat kita merasa bahwa Beliau memang sangat pantas diidolakan dan diteladani dibandingkan dengan manusia lain.

Jadi, ingin lebih mengenal sosok Rasulullah dan mendapatkan motivasi untuk menjadi insan yang lebih baik lagi? Jangan ragu untuk menjadikan buku ini sebagai bacaan wajib Anda! 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer