Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENGALAMAN MEMBACA BUKU


Judul buku          : Emotional Intelligence Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ
Penulis               : Daniel Goleman
Penerjemah       : T. Hermaya
Penerbit             : Gramedia

Ini adalah buku yang sering saya ubek-ubek ketika mengerjakan skripsi, tapi sampai sekarang saya belum betul-betul dapat memahami keseluruhan isi buku ini.


Intinya sih, buku ini berusaha menyadarkan kepada banyak orang bahwa IQ bukanlah satu-satunya patokan atau tolok ukur keberhasilan seseorang. Menurut beberapa penelitian dalam buku ini, 80% keberhasilan seseorang terletak pada Emotional Intelligence (kecerdasan emosi).

Buku ini juga menjelaskan bahwa emosi dirasakan oleh manusia di otak kanan tepatnya di amygdala, bukannya di hati seperti yang selama ini orang duga.

Kecerdasan emosional sendiri secara singkat dapat diartikan sebagai kecerdasan atau kesadaran diri dalam mengelola emosi diri pribadi (kecerdasan intrapersonal) dan mengelola hubungan dengan orang lain (kecerdasan interpersonal).

Kecerdasan intrapersonal yaitu kecerdasan mengelola diri sendiri berkaitan dengan emosi yang dirasakannya, misalnya, kesadaran akan rasa marah, sedih, kecewa, bahagia, dan lain-lain, serta dapat mengelola perasaan-perasaan tersebut. Sedangkan kecerdasan interpersonal berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam membina hubungan dengan orang lain. Kecerdasan ini penting dimiliki terutama dalam berinteraksi dengan orang lain berkaitan dengan bisnis dan pekerjaan. Itulah mengapa selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi penting dimiliki untuk meraih kesuksesan.

Itu sedikit yang bisa saya bagikan tentang buku ini, detailnya saya udah lupa-lupa ingat..heu2..

Ada yang mau menambahkan atau mendiskusikan tentang buku ini? Marii… ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer