Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Aneh? That’s OK!



Oleh: Gemintang Halimatussa’diah
 
“Wah, liat deh, ada ibu haji lagi beli rokok,” ejek salah seorang tetanggaku yang lantas diikuti riuh tawa tetangga lain yang sedang duduk-duduk di warung dekat rumahku itu. Huft…ada sedikit rasa sesak menyelinap di hatiku kala itu. Namun, aku hanya mampu tertunduk membiarkan saja ejekan itu membayangi hari pertamaku mengenakan jilbab di area sekitar rumah.
Memang, pada masa awal berhijab, aku merasa tak perlu mengenakan jilbab kalau hanya keluar area dekat rumah saja. Namun, setelah aku lebih paham maksud dari berhijab, aku pun mencoba meneguhkan hati untuk mulai mengenakan jilbab meski hanya keluar dekat rumah.
Yah, begitulah kemudian tanggapan tetangga sekitar begitu melihatku memakai jilbab hanya untuk membeli rokok. Mungkin mereka memang merasa aneh dan belum terbiasa dengan hal seperti itu. Malu aku jadinya, hingga timbul tanya di hatiku, “Apa aku jadi terlihat seperti orang sok alim, ya?”
Pernah juga suatu ketika aku kelimpungan mencari jilbab hanya untuk mengangkat jemuran di depan rumah. Melihatku tingkahku itu, papa pun berseloroh, “Mau angkat jemuran saja mesti pakai jilbab segala! Segitunya amat sih, orang-orang saja nggak ada yang seperti kamu!” Aku hanya mampu menelan ludah mendengar ucapan papa itu.
Komentar yang kurang lebih sama juga kudapati dari mama ketika melihatku kelabakan mencari jilbab, atau  lari terbirit-birit ke kamar ketika mendengar ucapan salam dari seorang laki-laki di depan pintu rumah.  Mama sering kali menertawai tingkahku itu lalu berkomentar, “Memang harus sampai begitu, ya? Masak di dalam rumah sendiri mesti pakai jilbab juga!” Kembali aku hanya mampu menelan ludah.
Sesekali aku juga mencoba membuat mama memahami tentang pentingnya menjaga aurat di hadapan laki-laki nonmahrom meski di dalam rumah sekalipun. Namun, mungkin hal itu tetap saja tampak aneh bagi banyak orang. Ya, aneh! Tapi kalau aku sih, tetap senang-senang saja meski dianggap aneh. Apalagi kalau tujuannya untuk mencoba mematuhi perintah-Nya. So, if people think that I’m weird because of that…I just can say, that’s ok for me!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer