Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RESENSI BUKU: NIKMATNYA PACARAN SETELAH PERNIKAHAN


Judul buku      : Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan
Penulis             : Salim A. Fillah
Penerbit           : Pro-U Media
Tahun terbit     : Oktober 2003
Tebal buku      : 240 halaman
Harga buku     : Rp38.000,00

Nikmatnya pacaran setelah pernikahan. Betapa ia ingin mengajak menjaga kesucian bagi kita yang sedang menanti keindahan. Betapa ingin ia tegaskan makna masa muda yang rawan. Betapa ingin ia ajak Anda melongok janji-janji Ar Rahman, mendapatinya begitu nyata dan pasti tertunaikan. Ya Allah Engkau Mahabenar, janji-Mu benar, Rasul-Mu benar, kitab-Mu benar, surga-Mu benar, neraka-Mu benar… agar kami menjadi saksi atas manusia,dan Rasul menjadi saksi atas kami.
(Hlm. 237)
Itulah kalimat yang sengaja saya nukil dari buku Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan (NPSP) untuk mengawali resensi ini. Kalimat tersebut diuraikan oleh penulisnya pada halaman akhir  buku ini. Tidak jauh dari judulnya,  buku ini berupaya untuk meluruskan nilai-nilai kesucian cinta yang sangat rawan pada masa remaja. Buku  ini mengawali pembahasannya dengan menguraikan tentang masa-masa remaja yang disebut “lembap” dengan segala problematika yang menyertainya, termasuk masalah cinta!
Buku ini memulai pembahasannya dengan menguraikan permasalahan remaja yang berkaitan dengan hubungannya dengan orang tua. Hubungan antara orang tua dengan anaknya yang menginjak remaja, seringkali terasa kian memudar seiring bertambahnya usia sang anak. Buku ini mencoba membahasnya dengan pendekatan terhadap dunia remaja yang biasanya memang masih labil. Selain itu, dibahas pula mengenai tokoh-tokoh yang patut dijadikan sebagai teladan atau panutan bagi remaja. Tentu saja yang paling tepat untuk itu adalah Rasulullah Sholallahu 'Alaihi Wassalam.
Pada bab selanjutnya, buku ini membicarakan sesuatu yang sangat lekat dengan remaja yaitu ”cinta”, yang tampaknya memang menjadi sorotan utama dalam buku ini. Seperti diketahui, jika berbicara cinta, tidak akan jauh-jauh dari soal pacaran. Buku ini berusaha meluruskan kembali makna cinta yang sesungguhnya. Dalam Islam, kegiatan pacaran merupakan salah satu hal yang mendekatkan diri kepada zina. Oleh karena itu, sang penulis berusaha mengajak remaja lebih memahami makna cinta yang sesungguhnya.  Tentu saja pembahasan tentang cinta ini juga meliputi cinta kepada Allah dan Rasulnya, Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wassalam.
Lalu pembahasan dilanjutkan dengan cinta kepada sesama manusia, terutama lawan jenis. Bagaimana mengenali cinta yang sesungguhnya dan mengelola cinta tersebut. Pengelolaan cinta, daya tarik kepada lawan jenis yang merupakan fitrah, dalam buku ini kita pun diajak untuk menahan diri. Menahan  segala yang dapat mendorong kita kepada zina ataupun kegiatan mendekati zina, yaitu bagi perempuan untuk menjaga lisan, cara berbicara, cara berpakaian, dan hal lain yang kemungkinan dapat menbimbulkan syahwat bagi pria yang ada di sekitarnya.
Buku ini juga mengajak kita yang belum menikah untuk senantiasa menjaga diri dan menjaga kehormatan diri agar terhindar dari larangan Allah. Pengelolaan cinta yang dianjurkan sebagai solusi adalah dengan ikatan suci pernikahan. Dalam bab yang membahas hal ini, dicontohkan pula bagaimana romantisme rumah tangga Rasulullah yang tentunya dapat dijadikan teladan bagi kita semua.
Meski buku ini membahas tentang ajaran agama yang lebih difokuskan pada hubungan percintaan dengan lawan jenis, penyampaian penulis tidak terasa menggurui. Penulis menggunakan bahasa informal yang santai dan terkesan akrab seolah mengajak pembacanya berdialog, sehingga tidak terasa menggurui. Penulis juga memberikan contoh berupa kisah yang sungguh terjadi pada masa Rasulullah mengenai hal yang tengah dibahas, dan dikaitkan dengan hal aktual yang sungguh terjadi di kalangan remaja dewasa ini.
Selain itu, tema-tema seputar cinta dan pengelolaannya yang dibahas dalam buku ini juga sangat menarik dan sangat patut dibaca oleh kalangan remaja yang belum menikah, sudah menikah, atau yang sedang ingin menikah. Buku ini dapat dijadikan tambahan wawasan dan pegangan dalam menjaga diri sebelum berumah tangga, maupun dalam membina rumah tangga bagi yang sudah menikah.
Kekurangan buku ini terletak pada susunan atau tata letak subbab yang masih tampak kurang rapi. Pengeditan kata dalam buku ini juga masih belum sesuai dengan tuntutan EyD. Selain itu, penulis sepertinya masih kurang dapat menggali lagi hal-hal yang berkaitan dengan remaja dari sudut pandang psikologinya. Meski demikian, buku ini masih tetap sangat layak direkomendasikan bagi kita yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pengelolaan cinta terhadap lawan jenis yang sesuai dengan ajaran Islam. Mari sama-sama kita menggali lebih dalam tentang cinta dan pengelolaannya sesuai yang diajarkan Islam melalui buku ini! 

Selamat membaca!


Resensator: Gemintang Halimatussa'diah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Indri Rohani mengatakan...

izin copas ya!
n follow blog saya juga donk
assalamtokobuku.blogspot.com
makasih :)

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

Kopas untuk apa kalau boleh tahu mbak? heu2..Boleh2 saja :D

Oke, nanti coba saya lihat..

Sama2 ^^

Laila Musyarofah mengatakan...

Assalamualaikum izin copy ya, ,,,subhanallah sangat indah

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer