Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SERIBU SATU ALASAN BERJILBAB


Oleh: Gemintang Halimatussa’diah

Ukhtiku..bagaimana kabar imanmu hari ini? Semoga selalu bertambah dan terus bertambah yaa.. Aamiin.
Ukhti, kali ini saya ingin berkisah tentang pakaian takwa para muslimah yang sering kali disebut sebagai jilbab. Masih ingatkah engkau dengan alasanmu pertama kali berjilbab? Saya akan coba membagikan beberapa alasan teman-teman saya saat memutuskan untuk mulai menggunakan pakaian takwa tersebut.
Nara: Gue berjilbab soalnya suatu malam gue mimpi tentang kiamat.mimpinya kelihatan jelas bnaget. Sampai-sampai, gue merinding pas bangun dari mimipi itu. Sejak itulah gue memutuskan untuk pakai jilbab.
Aisyah: Ya sewaktu SMA kakak kelas pernah memberikan sebuah selebaran tentang jilbab. Awalnya saya malas membacanya, dan biasa-biasa saja usai membacanya. Namun, suatu ketika saya mendapatkan lagi sebuah selebaran tentang jilbab. Entah mengapa, saat itu hati saya bergetar sekaligus merasa tersentuh dengan tulisan itu. Sejak itu, saya meniatkan diri untuk berjilbab.
Vika: Gue sih pake jilbab ya menyesuaikan sikon aja. Kakak-kakak senior anggota BEM kebanyakan berjilbab. Makanya gue pake jilbab biar bisa berbaur dan mendapatkan posisi penting di BEM.
Lantas, bagaimana dengan alasan saya sendiri? Sederhana saja, dulu saya bersekolah di SMP negeri, yang siswanya tidak diwajibkan memakai jilbab. Namun, ayah saya meminta saya untuk menggunakan jilbab tiap ke sekolah. Lama-lama, saya jadi terpikir, masa hanya ke sekolah pakai jilbabnya? Rasanya jadi malu sendiri. Akhirnya saya mulai meniatkan diri untuk berjilbab tiap keluar rumah saat duduk di kelas 8 SMP.
Ya, alasan berjilbab memang bisa sangat bervariasi. Bisa karena memang hati yang tersentuh, ikut-ikutan, atau sekadar untuk memperoleh pujian/simpati. Namun, kita sebenarnya sudah tahu bahwa jilbab adalah sebuah kewajiban bagi seorang perempuan muslimah. Sesuai dengan bunyi surat Al Ahzab ayat 59 berikut ini:
“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha penyayang.”
Ayat tersebut menjelaskan kepada kita mengenai kewajiban memakai jilbab bagi perempuan mukmin, tujuannya sebagai identitas diri dan agar tidak diganggu oleh orang yang berniat kurang baik. Dari ayat tersebut jelas terlihat bahwa Allah hendak menjaga kita para muslimah dengan perintah kewajiban berjilbab tersebut. Lantas, mengapa kita sendiri menolak untuk melaksanakan perintah yang juga merupakan bukti kasih sayang Allah kepada muslimah tersebut?
Ya, tidak dipungkiri, belakangan ini kita memang melihat ada banyak saudari kita yang sudah mulai tergerak hatinya untuk berjilbab. Namun, apakah jilbab yang dikenakan itu sudah sesuai syariat yang ditetapkan-Nya?
Berdasarkan buku yang saya baca, jilbab syar’i setidaknya haruslah menenuhi syarat berikut: 
1.      Menutupi seluruh badan.
2.      Pakaian itu sendiri bukan merupakan suatu perhiasan.
3.      Tidak diberi wewangian atau minyak wangi.
4.      Tidak sempit, yang dapat membentuk tubuh.
5.      Tidak tipis, yang dapat menampakkan kulit.
6.      Tidakmenyerupai pakaian laki-laki.
7.      Tidak meyerupai pakaian wanita-wanita kafir.
8.      Bukan merupakan pakaian syuhrah (yang sedang menjadi trend).
Nah, ukhtiku, bagaimana dengan jilbab yang kita kenakan? Apakah sudah memenuhi syarat tersebut? Sepertinya saya pun belum. Yuk kita coba lebih mempercantik diri dengan jilbab yang semakin sesuai dengan ketetapan-Nya!
Ukhtiku, tahukah kita bahwa memakai jilbab memiliki banyak sekali manfaat. Ya tentu saja selain berpahala karena telah memenuhi kewjiban yang ditetapkan-Nya, jilbab juga ternyata memiliki manfaat-manfaat lain, yaitu:
1. Selamat dari adzab Allah (adzab neraka). Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.
2. Terhindar dari pelecehan.
3. Memelihara kecemburuan laki-laki. Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah SWT tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam. Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.
 4. Akan seperti biadadari surga. Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.
5. Mencegah penyakit kanker kulit. Kanker adalah sekumpulan penyakit yang menyebabkan sebagian sel tubuh berubah sifatnya. Kanker kulit adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya. Penelitian menunjukkan kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki. Kanker ini banyak menyerang orang berkulit putih, sebab kulit putih lebih mudah terbakar matahari. Kanker tidaklah membeda-bedakan antara laki-laki dan wanita. Hanya saja, wanita memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada laki-laki. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terserang penyakit khususnya kanker kulit. Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV. Melindungi tubuh bukan dengan memakai kerudung gaul dan baju ketat. Kenapa? Karena hal itu percuma saja. Karena sinar UV masih bisa menembus pakaian yang ketat apalagi pakaian transparan. Berjilbab disini haruslah sesuai kriteria jilbab.
6. Memperlambat gejala penuaan. Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua orang yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain. Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin D yang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin. Jaringan kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit. Jilbab adalah kewajiban untuk setiap muslimah. Krim-krim pelindung kulit pun tidak mampu melindungi kulit secara total dari sinar matahari. Sehingga dianjurkan untuk melindungi tubuh dengan jilbab. Jilbab adalah kewajiban untuk setiap muslimah.
Setelah membaca manfaat-manfaat berjilbab di atas, kita jadi menyadari betapa banyak manfaat mengenakan jilbab bukan? Jadi, apa alasanmu untuk tidak mengenakan jilbab yang merupakan pakaian takwa bagi kita para muslimah itu?
Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan tulisan ‘Aidh Al Qarni dalam bukunya Jadilah Wanita Yang Paling Bahagia berikut ini:
“Anda, dengan kecantikan yang Anda miliki, lebih anggun daripada mentari. Anda, dengan akhlaq yang Anda miliki, lebih harum daripada kesturi. Anda, dengan kerendahdirian yang Anda miliki, lebih tinggi daripada rembulan. Anda, dengan sifat keibuan yang Anda miliki, lebih menyegarkan daripada hujan. Oleh karena itu, peliharalah kecantikan itu dengan iman; peliharalah keridhaan itu dengan sikap qana’ah; dan peliharalah kesucian diri itu dengan hijab.”
Semoga apa yang disampaikan ‘Aidh Al Qarni tersebut dapat meneguhkan diri kita yang memang sudah mengenakan jilbab untuk lebih mempercantik jilbab kita sesuai dengan syariat-Nya. Juga untuk ukhtiku yang belum mengenakan jilbab, semoga tulisan di atas dapat memberikan pencerahan dan keyakinan diri untuk mulai mengenakannya.
Semangat berhijab ukhtiku..! ^_^

Referensi:
Al Quran
Al Maharib, Ruqayyah, et al. 2007. Muslimah Penuh Pesona. Surabaya: Pustaka Elba
Al Qarni, ‘Aidh. 2004. Jadilah Wanita yang Paling Bahagia. Bandung: Irsyad Baitus Salam




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

El Fietry Jamilatul Insan mengatakan...

artikel yang bagus mba, cuma kurang sistematis dan runut. mungkin itulah sebabnya gak lolos audisi, hehe

El Fietry Jamilatul Insan mengatakan...

tapi kok link yg ada gakk bisa di buka ya?
padahal pengen baca sumbernya...:(

El Fietry Jamilatul Insan mengatakan...

mampir ke blogku ya mbak, ada tulisan ttg jilbab juga
:D
http://duniaelfietry.blogspot.com/2012/05/perjalanan-jilbab.html

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

Hehe..iya, memang rada aneh ini artikelnya, ya mngkn karena diburu DL juga, mau diperbaiki juga udah bingung sih, yo wisslah apa adanya..heu2..

Udah coba dikopas linknya?

Hmm..pantes tumbenan komen di blog, rupanya ada maunya :P
Oke2,nanti insyaAllah ta mampir yeu :D

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer