Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENULIS ADALAH KEGIATAN YANG WOW!



Aku menulis, maka aku ada.

Begitulah kiranya kalimat yang pernah diutarakan oleh sang filsuf, Rene Descrates. Ya, agaknya pernyataan itu memang benar adanya. Bagi seseorang yang senang dengan dunia literasi, menulis dapat menjadi sarana yang amat tepat untuk mengasah dan menujukkan kemampuan. Dengannya, kita dapat memperlihatkan hasil karya yang tercipta dari buah pemikiran dan perasaan dari dalam diri kita sendiri.
          Betapa pun jeleknya penilaian orang lain terhadap karya yang kita hasilkan, secarik kertas atau satu buah buku yang dihasilkan dari kegiatan menulis, setidaknya dapat menunjukkan bahwa kita ada! Kita bisa! Dan kita mampu mencipta karya! Bangga, ya, bangga, setidaknya karena kita telah berani dan berhasil mengeluarkan ide dan rasa yang meletup-letup di dalam hati dan pikiran.
Bagi saya pribadi, menulis tidak hanya menunjukkan sebuah eksistensi dan pembuktian diri. Banyak sekali manfaat yang saya rasakan melalui kegiatan produktif ini. Salah satunya, menulis itu dapat menyalurkan energi positif dan membuang energi negatif. Pernahkah Anda merasa demikian terpuruk? Sedih, kecewa, resah, gusar, namun tak ada orang yang dapat diajak berbagi beban?
Rupanya secarik kertas dan pensil sudah cukup dapat menggantikan pundak seseorang untuk bersandar! Ya, kita hanya perlu menuliskan kesedihan, kegusaran, kekecewaan, juga keadaan tak menyenangkan laninya! Hasilnya, sungguh ajaib! Tak berapa lama kemudian, perasaan kita akan menjadi lebih tenang, lebih nyaman, dan lebih rileks. Dengan menulis, seolah-olah kita telah membuang segala hal tak menyenangkan dan perasaan negatif itu melalui kata-kata yang kita tuangkan dalam tulisan kita.
Keajaiban menulis tak hanya sampai di situ. Dengan menulis, kita juga bisa menambah pengetahuan dan merawatnya tetap berada dalam diri kita. Mengenai ini, saya jadi teringat kata-kata Ali Bin Abu Tholib, yaitu “Ikatlah ilmu dengan menulis.” Dengan menuliskan hal-hal yang pernah kita baca atau pengalaman-pengalaman kehidupan yang berkesan, tentunya kita dapat mengikat ilmu serta hikmah yang terdapat di dalamnya. Dengan begitu, selain dapat menambah pengetahuan, kita juga dapat menanamkan apa yang sudah diketahui agar tak terlupa di kemudian hari.
Lebih dari semua itu, menulis akan menjadi hal yang amat membanggakan ketika tulisan kita akhirnya diterbitkan dan disukai oleh banyak orang. Kepercayaan diri akan semakin tumbuh dan berkembang. Ya, syukur-syukur jika kita bisa menghasilkan keuntungan finansial dari kegiatan menulis ini yaa….
Lebih bersyukur lagi jika tulisan yang kita buat ternyata dapat mentransfer nilai moral tersendiri kepada orang lain. Wah, kita bisa jadi menebar kebaikan dan berdakwah juga melalui tulisan. Terlebih jika semua itu tercatat sebagai kebaikan yang berbuah pahala, subhanallah … akan bertambahlah nilai amalan ibadah kita di dunia ini.
Wow! Ternyata benar, begitu banyak manfaat dari kegiatan menulis ya. Mulai dari manfaat internal (terhadap diri sendiri), sampai manfaat lainnya terhadap orang lain (pembaca), insyaAllah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk jangan ragu untuk mulai menggoreskan penamu!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Ria Hidayah mengatakan...

wooow... :) suka.. btw baru sadar Mba kursornya ada bintang2.. sukaaaaaaaaaaaaaaa..

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

makasih.. hihi .. :D
Blogmu kayanya udah canggih ya,banyak widgetnya..kereen ^^

vera astanti mengatakan...

yup...
dengan membaca kau mengetahui dunia, dengan menulis dunia tahu bahwa kau ada. :)

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

Nice quote Vey :)

Johan Tanjung mengatakan...

Keren! (y)
Jauh dari blog saya yang flat banget.
http://johansyahtanjung.blogspot.com/

Senarai Morfem Gemintang mengatakan...

Ini juga masih biasa kok Pak Jo..heu2..

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer