Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RESENSI BUKU: #HIJAB1ST



#HIJAB1ST
Warna-warninya Kisah Pengalaman Pertama Berhijab



Judul               : #Hijab1st
Penulis             : Achi TM dan Rumah Pena Writers
Penerbit           : Qultum Media
Tebal               : 188 halaman
Tahun terbit     : 2013
ISBN               : 979-017-245-1

Hijab dewasa ini agaknya memang telah menjadi sorotan di tengah masyarakat. Tak lagi sekadar dipandang sebagai sebuah kewajiban, hijab juga tampaknya telah menjadi trend fashion yang desainnya tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Seolah menyadari fenomena ini, Achi TM pemilik grup kepenulisan Rumah Pena, kemudian menggagas hadirnya buku yang berisi kisah nyata inspiratif pengalaman pertama berhijab.
      Meski banyak buku bertema hijab bermunculan, buku berisi cerpen yang ditulis oleh 14 orang perempuan penulis ini, dapat dikatakan memiliki keunikan tersendiri. Keunikan buku ini terletak pada genrenya yang lebih meremaja. Kisah-kisah yang terdapat di dalamnya, menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Tak hanya itu, terkadang kita juga dibuat tersenyum oleh kisah yang mengandung kelucuan atau kepolosan tokohnya.
Contohnya pada cerita berjudul “Bukan Monyet Berhijab”, “Teguran Si Oppa Kim Bum”, dan “Hijab Miss Marah-marah” yang bercerita tentang Uwi yang terkenal cerewet dan sering marah-marah di kelasnya. Lulus SMP, ia pun memtuskan untuk berhijab dan mengubah sikapnya yang tak menyenangkan itu. Salah satu alasannya melakukan hal tersebut karena ia menyukai teman kakaknya yang bernama Arif. Dapat dibayangkan bagaimana jadinya jika gadis berlabel Miss Marah-marah itu kemudian berhijab dan berubah? Tentunya sangat menarik untuk dibaca!
Selain cerita yang berisi kelucuan, tentu saja banyak juga kisah lainnya yang begitu menyentuh dan membuat kita berkaca diri. Misalnya saja pada cerpen berjudul “Not A Party Girl” karya Achi TM. Cerpen ini mengisahkan tokoh Aku yang telah memutuskan berhijab, tapi lupa diri ketika menghadiri sebuah acara pesta. Ia bergoyang berlenggak-lenggok bersama iringan musik yang diperdengarkan dalam pesta tersebut. Sejak kejadian itu, pandangan teman-teman pun menjadi rendah terhadap dirinya. Hingga akhirnya, ia menyadari bahwa tak seharusnya perempuan berhijab seperti dirinya berjoget di tempat ramai seperti itu.
Banyak lagi kisah lain yang tentunya menarik dan menginspirasi dalam buku bersampul warna-warni ini. Tak hanya itu, nilai tambah lainnya dari buku ini adalah adanya tips-tips berhijab yang diberikan oleh penulisnya, lengkap dengan ilustrasi gambar. Sayangnya, gambar tersebut masih terlihat sangat sederhana karena tidak berwarna. Selain itu, tips yang diberikan juga tidak sedikit yang sebenarnya sudah diketahui banyak orang.
Meski demikian, buku ini tetap sangat menarik untuk dibaca. Selain karena desain kover bergambar wajah perempuan berhijab dengan sentuhan warna-warna cerah yang meremaja, kisah-kisah dalam buku ini mengingatkan kembali pada kita tentang pentingnya berhijab. Kita akan lebih memahami bahwa mengenakan hijab adalah sebuah kewajiban yang membutuhkan konsekuensi.
Tentunya semua pesan moral itu terangkai dalam kisah yang berbahasa ringan, santai, dan mengalir. Jadi, Anda tidak akan merasa tengah dinasihati apalagi diceramahi ketika membaca buku ini. Sebab itu, buku ini sangat cocok untuk Anda atau teman Anda yang ingin sekali memulai menggunakan hijab.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Kelas Dosen Jualan mengatakan...

Sebenarnya saya dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. coba klik aja di www.mukenadistro.com.
Makasih ya mbak udah berbagi cerita...

Posting Komentar

KAWANS ^^

Entri Populer